Belalang Goreng Khas Wonosari

BELALANG GORENG
Belalang Goreng atau dalam bahasa Jawa : Walang Goreng banyak di jual di daerah Wonosari Gunung kidul, Yogyakarta. Kemarin saya sharing info tentang pantai-pantai yang ada di daerah wonosari, sebetulnya ketika saya melakukan perjalanan ke pantai-pantai di pesisir wonosari saya mampir di sebuah angkringan di pinggir jalan di daerah Tepus ( karena lapar coz ketika berangkat belum sempat sarapan). Nah ketika sampai di angkringan tersebut langsung pesan Wedang Jahe Anget plus Teh Anget. Ciri khas angkringan di sekitar wonosari ini adalah Belalang Goreng, di angkringan ini belalang goreng sudah dibungkus rapi dalam plastik dan di jual seharga Rp.1.000,- (isi : 5 belalang). kata orang belalang goreng memiliki khasiat meningkatkan stamina tubuh kita.



Sambil menikmati nasi kucing plus belalang goreng, terjadilah obrolan dengan pakde si penjual Angkringan.

Saya : Pakde emang disini banyak ya yang cari belalang ??
pakde : banyak mas, karena disini banyak orang yang cari belalang untuk dijual baik masih mentah atau  yang sudah dimasak seperti ini.

saya : kalau masih mentah satu rentengnya brp ??
pakde : 1 renteng/satu tusuk antara 4.000-5.000 mas.

foto : from
gambar disamping ini adalah gambar belalang yang di jual oleh para pemburu Belalang di pinggir jalan.

di daerah semanu wonosari banyak yang berjualan belalang di pinggir jalan seperti pada gambar di samping.


Lanjut lagi ke obrolan tentang belalang :

saya : pakde juga cari sendiri ya belalangnya ??
pakde : iya mas,



saya : cara nyarinya gimana pakde??
pakde : pakai jaring mas, di kebun-kebun orang atau masuk hutan
pakde: mas, dulu ada yang cari belalang ini minta 2000 ekor dalam waktu 3 jam karena mau di bawa ke jakarta mas. tapi ketika itu sedang ndak musim belalang saya dan temen2 saya hanya dapat sekitar 1500 ekor itupun dengan susah payah mas.

saya : belalang segitu banyak mau buat apa pakde??
pakde : wah saya juga ndak tahu wong saya cuma nyarikan saja kok mas.
saya: dibelakang itu jurang ya pakde ??
pakde: iya mas jurang itu dari saya kecil juga sudah ada, di belakang jurang itu ada gua yang bisa tembus sampai laut.
pakde: dulu ada bule yang hilang di gua itu mas, sampai dua hari ga ketemu.
saya : trus akhirnya gimana nasib bule itu pakde??
pakde: syukurnya bule itu bisa keluar dari gua tersebut,
Lumayan dalam juga nih jurang
saya : pakde apa kita bisa turun kebawah sana ??
pakde: bisa mas, ada jalannya kok, dulu waktu kemarau kalau ngambil air juga di bawah sana.
saya : disekitar sini banyak gua ya pakde?
pakde: banyak mas, selain gua yang ada dibawah itu masih banyak gua yang lain.
pakde: disebelah utara itu ada gua yang pintu guanya tingginya kurang lebih 10 meter mas, waktu kecil saya sering main kesana.
saya : kalau dari sini jauh ga pakde??
pakde: ya ndak begitu jauh.

tapi berhubung saya kali ini ingin menyusuri pantai-pantai di pesisir wonosari, berarti lain kali aja kesananya. hehehehehehhe..............

berhubung saya baru pertama kali akan ke pantai wediombo saya sempatkan tanya mengenai rute kesana.
saya:  pakde kalau mau ke wedi ombo jauh ndak dari sini ??
pakde: ya kalau yang sudah biasa lewat sini sih mungkin 15 menit juga sudah sampai mas, tapi kalau yang belum pernah bisa 30 menit, soalnya wediombo itu paling ujung lho mas.

setelah selesai sarapan saya lanjutkan perjalanan menuju pantai wediombo. Bagi teman-teman yang ingin berkunjung ke wonosari dan menikmati obyek-obyek wisata disekitarnya tidak ada salahnya mencoba Belalang Goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah membaca postingan di blog ini.
Silahkan tinggalkan komentar anda.

Terima kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...